Custom Domain Blogger

Kamis, 08 November 2018

Buku pendamping mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IX

Posted by on Kamis, 08 November 2018

Judul: Buku Pendamping Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX
Penulis: Siska Yuniati, Rina Harwati, Septy Andari Putri, Rusmantara, Nurvam Kusmadi
Penerbit: Karya Edukasi, 2017
Tebal: 126
ISBN: 978-602-50001-2-6

Belajar apapun di sekolah niscaya memerlukan buku, apalagi pelajaran bahasa Indonesia yang notabene tidak pernah lepas dengan yang namanya teks. Oleh karena itu, jangan heran kalau kamu dipinjami buku-buku oleh guru di sekolah, dianjurkan membali buku, bahkan dibuatkan buku untuk difotokopi secara mandiri.

Buku-buku yang diproduksi biasanya memiliki karakteristik khusus sesuai minat dan keahlian penulisnya. Nah, buku yang satu ini adalah buku bahasa Indonesia kelas IX yang ditulis langsung oleh guru-guru bahasa Indonesia yang memang berkecimpung di kelas IX. Jadi, pengalaman mereka tidak perlu diragukan lagi.

Ada lima orang guru yang menulis buku ini, yaitu Siska Yuniati, Rina Harwati, Septy Andari Putri, Rusmantara dan Nurvam Kusmadi. Siska, Rina, dan Rusmantara adalah guru bahasa Indonesia madrasah asal Kabupaten Bantul. Septy adalah guru bahasa asalah Kabupaten Kulon Progo. Sementara itu, Nurvam, adalah guru bahasa asal Kabupaten Sleman. Selain para penulis tersebut, ada dua penyunting yang terlibat dalam penulisan buku ini, yaitu Frida Rochayati dan Nur Hasanah R. yang juga berasal dari madrasah.

Buku berjudul Buku Pendamping Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX ini terdiri atas tujuh bab, yaitu teks dan laporan percobaan, teks pidato persuasif, teks cerpen, teks tanggapan, teks diskusi, teks inspiratif, buku fiksi dan nonfiksi, serta dua paket soal latihan ulangan. Paket latihan ulangan pertama untuk ulangan akhir semester gasal, sementara paket kedua digunakan untuk latihan ulangan akhir semester genap. (*)