Custom Domain Blogger

Jumat, 09 November 2018

Solusi Ujian Nasional bahasa Indonesia SMP/MTs edisi 2018/2019

Posted by on Jumat, 09 November 2018

Judul: Solusi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013
Penulis: Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, Septy Andari Putri
Penerbit: Magnum Pustaka Utama, 2018
ISBN: 978-602-5789-19-9
Tebal: 130 + vi halaman

UJIAN Nasional akan segera digelar untuk kamu-kamu, siswa-siswi kelas IX dan XII pada jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat. Peristiwa ini menjadi sangat penting karena nilai akan menjadi modal untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dari tahun ke tahun, sekolah selalu berusaha membimbing untuk dapat menghadapi secara baik perhelatan Ujian Nasional ini. Benar, kan?

Di antara kegiatan yang rutin dilakukan adalah mempelajari soal-soal Ujian Nasional, mulai soal-soal tahun-tahun sebelumnya hingga prediksi-prediksi untuk ujian yang akan dihadapi. Secara pribadi, kamu dapat belajar mandiri di rumah, secara kelembagaan sekolah pun biasanya menyelenggarakan pelajaran tambahan.

Baik untuk kepentingan belajar mandiri di rumah, maupun untuk kepentingan belajar bersama di sekolah, kamu sebagai siswa dan guru-guru memerlukan buku-buku, referensi, hingga kumpulan soal untuk kepentingan berlatih. Mungkin gurumu membuat sendiri soal-soal untuk digunakan saat jam tambahan, guru yang lain bisa jadi menggunakan soal-soal yang telah diterbitkan dan dijual bebas.

Dalam rangka terjun langsung membantumu menghadapi Ujian Nasional, empat orang guru ini, yaitu Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, dan Septy Andari Putri pun menulis buku Solusi Ujian Nasional Bahasa Indonsia SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dirancang menjadi tiga bagian utama, yaitu pendalaman materi, contoh soal dan pembahasan, serta soal-soal latihan beserta kunci jawaban. Selain itu, ada pula glosarium yang dapat kamu digunakan untuk berlatih memahami makna kata. Hal ini dipandang penting karena pemahaman atas makna sebuah kata menjadi modal utama memahami sebuah teks.

Keempat penulisnya adalah orang-orang yang berpengalaman, lho. Mereka terbiasa mempersiapkan siswa sepertimu menghadapi Ujian Nasional serta berpengalaman menulis soal-soal. Siska Yuniati misalnya, guru bahasa Indonesia yang satu ini sering menulis soal-soal untuk latihan Ujian Nasional dan terlibat dalam pengolaan hasil studi utama PISA di Indonesia. Kamu tahu PISA, kan? PISA itu singkatan dari The Programme for International Student Assessment, yaitu Program Penilaian Pelajar Internasional yang diselenggarakan tiga-tahunan. Tujuannya, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun sepertimu.

Guru bahasa Indonesia kedua yang menulis buku ini adalah Rusmantara. Dia adalah guru berpengalaman mengajar kelas IX, berpengalaman pula menulis buku, membuat soal-soal, serta menjadi ketua organisasi guru-guru bahasa tingkat kabupaten.

Guru ketiga yang menulis buku ini adalah Rina Harwati. Dia adalah lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Di tahun 2018 ini, Rina terlibat dalam penulisan soal nasional yang diselenggarakan oleh Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan), yaitu lembaga yang ada di bawah naungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nah, guru keempat yang menulis buku ini adalah Septy Andari Putri. Seperti penulis lain, Septy terbiasa membersamai siswa-siswi kelas IX seperti kamu mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. Septy adalah salah seorang guru berprestasi tingkat nasional di Kementerian Agama Republik Indonesia. Tahun 2018 ini, dia juga menulis soal-soal untuk Puspendik Kemdikbud RI.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki buku ini? Kamu bisa menghubungi langsung penulisnya. Coba saja dicari di Facebook atau Instagram, pasti ketemu karena para penulisnya guru-guru gaul yang aktif di medsos. :) Selamat belajar, ya. (*)

Sabjan Badio
Praktisi penerbitan buku dan blogger dari Daerah Istimewa Yogyakarta